Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

3 Cara Menambahkan Kode Kustom ke Situs WordPress

3-cara-menambahkan-kode-kustom-ke-wordpress

3 Cara Menambahkan Kode Kustom ke Situs WordPress. Di artikel bantuan dan dokumentasi WordPress Anda akan banyak menemukan beberapa artikel yang memiliki kode khusus dengan instruksi untuk “add this code to your functions file,” atau “add this filter,” atau “add this action,” atau sesuatu seperti semua itu.

Berikut adalah 3 Cara Menambahkan Kustom Kode ke Situs WordPress berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fungsi kustom atau filter atau tindakan ke situs WordPress Anda. Pada dasarnya, ini adalah tiga cara untuk menambahkan kode PHP khusus ke situs WordPress Anda. Pilih yang favorit Anda:

  1. Tambahkan kode ke file functions.php tema Anda. Metode ini TIDAK disarankan karena kode khusus Anda akan dihapus ketika Anda memperbarui tema Anda. Jika Anda tidak akan pernah memperbarui tema, maka metode ini berhasil.
  2. Tambahkan kode ke file functions.php tema anak Anda, jika Anda menggunakan tema anak. Ini adalah metode yang disukai banyak orang. Anda dapat menempelkan kode di akhir file, di bawah kode yang ada.( CATATAN: Jika file memiliki “tag PHP penutup”, yang terlihat seperti ini: ?>, Maka pastikan untuk menempatkan kode Anda DI ATAS garis itu. Cukup buat baris baru di atas tag PHP penutup dan masukkan kode Anda di sana. Namun, banyak functions.php tidak memiliki tag PHP penutup, jadi Anda dapat menempatkan kode Anda di akhir file.)

    CATATAN lain: Ada satu kelemahan untuk menggunakan cara ini untuk menempelkan kode khusus. Jika Anda pernah memutuskan untuk mengubah tema anak Anda, Anda akan kehilangan kode Anda, atau Anda harus menyalin kode secara manual ke tema baru Anda. Cara ketiga, tercantum di bawah, adalah cara yang lebih baik karena menjaga kode kustom Anda tetap utuh terlepas dari tema apa pun yang Anda gunakan.

  3. Cara ketiga ini untuk pengguna yang lebih maju. Ini memberi Anda kontrol terbanyak sambil memiliki jejak kaki yang lebih ringan daripada metode di atas. Buat plugin khusus untuk menampung semua fungsi kustom Anda. Untuk melakukan ini, gunakan editor teks dan buat file kosong baru. Rekatkan ini di bagian paling atas (Anda dapat mengubah “MySite” ke nama situs Anda sendiri pada baris 3) :Baca juga: Google Adsense Native In-article di Posting Biasa dan AMP

    [php]
    <?php
    /*
    Plugin Name: Custom Functions For MySite
    Version: 1.0
    */
    [/php]

    Sekarang, Anda dapat menempatkan kode khusus di bawah ini. Simpan file dan beri nama dengan custom-functions-mysite.php, atau ubah “mysite” menjadi nama situs Anda sendiri. Yang penting adalah untuk mengakhiri dengan .php. File ini adalah plugin kustom baru Anda.

    Unggah file ini ke server Anda, ke folder plugins Anda yang ada di situs Anda yoursite/wp-content/plugins/. Anda dapat mengunggah menggunakan FileZilla atau terkadang langsung melalui panel hosting Anda.

    Cara alternatif untuk mengunggah file ini adalah ini: di komputer Anda, kompres / zip file tersebut menjadi file .zip. Kemudian, Anda cukup mengunggahnya melalui dashboard WordPress Anda -> Plugins -> Add New -> Upload Plugin. Klik “Browse” untuk menemukan dan mengunggah file .zip, lalu klik “Install Now.”

    Dengan cara apa pun Anda mengunggah (atau menginstal) file ke server Anda, Anda masih harus pergi ke dashboard WordPress -> halaman Plugin untuk mengaktifkan plugin dengan mengklik “Aktifkan” di bawah judul “Fungsi Kustom Untuk MySite”.

    Kode kustom Anda kemudian akan aktif di situs Anda. Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak kode khusus ke file itu.

Baca juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Dengan WordPress

Apapun dari 3 Cara Menambahkan Kode Kustom ke Situs WordPress di atas yang Anda pilih, sekarang Anda tahu cara menambahkan fungsi kustom, tindakan, filter, atau kode PHP apa saja ke situs web WordPress Anda.

Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *