Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

Kawah Es Planet Mars Sungguh Menakjubkan

kawah-es-di-planet-mars-penampakannya-menakjubkan

Kawah es planet Mars. Ditemukan kawah es di Mars, penampakannya sangat menakjubkan. Badan Antariksa Eropa (ESA) telah membagikan gambar komposit yang menakjubkan. Gambar tersebut menunjukkan adanya kawah seluas 50 mil di planet Mars. Dan di dalamnya terisi dengan es sepanjang tahun. ESA menyebut kawah berisi es di Mars tersebut dengan kawah Korolev.

Bagi calon penghuni Planet Merah di masa depan, jangan terlalu bergembira dulu apalagi berharap bisa merayakan Natal putih di area kawah tersebut. Pasalnya, ESA telah mengonfirmasi dengan jelas bahwa isi kawah Korolev bukanlah salju. Menurut ESA, penampakan warna putih tersebut adalah balok es yang sangat tebal yang mereka sebut dengan “perangkap es” yang sangat besar. Lebar kawah Korolev adalah 82 kilometer dengan kedalaman mencapai kurang lebih 2 kilometer.

Foto kawah es planet Mars yang menakjubkan tersebut dirilis oleh ESA pada 20 Desember 2018 lalu. “Sebuah Negeri yang ajaib, musim dingin yang indah di planet Mars! Kawah berisi es ini difoto oleh pesawat ruang angkasa yang bernama Mars Express. Kawah Korolev selebar 82 kilometer dan keberadaannya ditemukan di area dataran rendah sebelah utara Mars,” rilis badan antariksa itu di laman Twitter lewat akun resminya, @esa.

Kawah es planet Mars sebanding dengan volume Great Bear Lake

Menurut pendapat ESA, isi es kawah di planet Mars tersebut seimbang dengan volume Great Bear Lake yang ada di Kanada. Artinya, hal itu bisa jadi adalah peluang untuk kelangsungan hidup calon penghuni Mars di masa depan. Bahkan, para calon penghuni Mars mempunyai peluang untuk kembali ke Bumi lagi karena air dari kawah Korolev bisa dipecah menjadi hidrogen dan oksigen untuk digunakan sebagai bahan bakar roket.

“Unta Anda yang ingin tahu, ya itu adalah water ice,” terang ESA, dalam tweet-nya.

Pesawat ruang angkasa yang sama, Mars Express telah mendeteksi keberadaan air pertama di Mars pada tahun 2004 lalu. Sejak saat itu upaya ekplorasi Mars terus dilakukan demi kehidupan manusia.

Masih berdasar penjelasan ESA, gambar komposit kawah es di planet Mars diambil melalui Kamera Stereo Resolusi Tinggi (HRSC) yang dimiliki Mars Express. Foto tersebut sesungguhnya dibentuk dari lima strip yang berbeda. Setiap dari strip dikumpulkan di atas orbit yang berbeda satu dengan lainnya ketika Mars Express melakukan ekspidisi di atas kepala. Misi yang telah diluncurkan pada tahun 2003 tersebut akan nenandai bahwa eksplorasi di Planet Merah telah berjalan 15 tahun.

Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *