Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor

yamaha-tak-membuat-mobil-toyota-tak-membuat-motor

Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor, ini alasannya. Akhirnya terjawab sudah dalil atau alasan, mengapa Yamaha tidak menciptakan atau memproduksi mobil dan Toyota tidak membuat motor. Jawabanya ternyata antara Yamaha dan Toyota terbukti mempunyai hubungan yang unik selama bertahun-tahun.

Sebagaimana dikutip dari Ridepart, Sabtu (5/1/2019), Yamaha sudah merancang dan memasok mesin untuk sejumlah mobil Toyota selama bertahun-tahun, mulai dari jenis Celica, MR2 hingga 2000GT klasik.

Pada tahun 1970-an, Toyota membuat sebuah truk pickup yang mempunyai nama Yamahauler yang khusus diperuntukkan bagi promosi keterampilan pengangkutan sepeda motor pada model pickup atau bak terbuka-nya.

Pada tahun 1974, Toyota mengenalkan versi truk bak terbuka atau pickup Hilux versi panjangnya atau, sebagaimana yang dinamakan secara kreatif di sini, Toyota Truck. Guna meresmikan mobil bak yang lebih besar, Toyota membuat Yamahauler, yang dipakai secara luas dalam iklan Toyota dan digunakan sebagai kendaraan promosi.

Model ini menawarkan tidak sedikit fitur ekstra yang tidak terdapat di truk standar, sebagaimana karpet di ranjang tidur, kursi ember dengan garis-garis 70-an gila, pelek Cragar, dan pengerjaan cat kustom atau sesuai permintaan oleh Molly Design.

Jadi pertanyaan,  mengapa Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor, dapat dipahami dari uraian di atas. Penjelasan lebih lengkap dalam paragraf-paragraf berikutnya.

Salah satu produk dari Toyota yakni Toyota 2000GT sudah memakai mesin yang didibuat oleh Yamaha. Mobil sport yang desainnya serupa dengan Jaguar E-Type tersebut memakai mesin berkode 2M dan 3M. Namun bagi Toyota 2000GT adalah hasil kolaborasi antara Toyota dengan Yamaha.

Mesin berikutnya yang diproduksi oleh Yamaha bagi Toyota ialah mesin legendaris 4A-GE. Mesin legendaris ini dipakai oleh mobil yang kini pula ikut menjadi legendaris yakni Toyota Sprinter Trueno AE86.

Mesin ini begitu legendaris dan dijadikan buruan oleh semua car enthusiast atau penghobi mobil karena mesin ini mempunyai dimensi yang kompak, mutu yang relatif enteng serta tenaga yang besar. Maka dari itu, mesin ini kini dikejar oleh semua car enthusiast atau penghobi mobil, baik untuk kepentingan balapan atau pemakaian harian pemiliknya.

Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor, Karena Sudah Kerja Sama

Selanjutnya, mesin dari Yamaha yang dipakai oleh produk dari Toyota ialah mesin dengan kode 3S-GTE. Mesin ini kini banyak diburu oleh orang banyak karena mempunyai berat yang relatif enteng serta mempunyai tenaga yang lumayan besar baik untuk dipakai untuk harian atau dipakai balap. Mesin ini dulunya tenggelam di dalam salah satu kendaraan yang juga legendaris dari Toyota yakni mobil Toyota Celica GT-Four.

Kolaborasi antara pabrikan Toyota dengan Yamaha terus berlanjut sampai ke Toyota Celica GT-S yang memakai mesin 2ZZ-GE. Mesin ini sebetulnya tak hanya dipakai oleh Toyota Celica GT-S saja namun juga dipakai oleh salah satu brand atau merk mobil asal Inggris yakni Lotus lewat produknya yakni Lotus Elise.

Kolaborasi antara pabrikan Yamaha dan Toyota berlanjut saat Lexus LF-A diperkenalkan, engine V10 1LR-GUE merupakan hasil pengembangan Yamaha yang memperoleh banyak penghargaan.

Sukses dengan mobil Lexus LF-A, Yamaha berkontribusi lagi atas jantung penggerak yang ada pada mobil Lexus IS-F, RC-F, serta GS-F yang bermesin V8 2UR-GSE.

Baca juga: 5 Berita Hoaks Terheboh Tahun 2018 dan Awal 2019

Yamaha juga mendesain mesin atau engine V8 4.400cc untuk mobil Volvo XC90 dan juga S80. Mesin yang sama yang dipakai Volvo dalam ajang balapan V8 Supercars di Australia. Bahkan, brand mobil sport asal Inggris, Noble, menggunakan penggerak yang sama untuk produk kendaraan mereka, yang diberi nama M600.

Sampai disini penjelasan mengenai Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor, semakin jelas bukan?

Yamaha juga menciptakan sebuah mobil konsep yang mempunyai nama Yamaha OX99-11 yang digerakkan oleh mesin Yamaha V12 pada tahun 1992. Mesin itu menjadi dasar untuk memasuki arena balapan Formula 1 atau F1 sebagai pemasok mesin untuk tim Zakspeed, Brabham, Tyrell, Jordan, serta Arrows di pertengahan 90an.

Baca juga: Smartphone Samsung Galaxy Fold Dibekali Tiga Kamera

Mengingat sejarah Yamaha yang dapat mengembangkan mesin untuk kendaraan roda empat, membuat manufactured asal Amerika Serikat, Ford tertarik untuk memakai mesin V6 3.000cc buatan Yamaha untuk ditempelkan dalam ruang mesin mobil Ford Taurus SHO yang dikenalkan pada tahun 1989 lalu.

Demikian artikel tentang mengapa Yamaha Tak Membuat Mobil dan Toyota Tak Membuat Motor, ini alasannya. Semoga informasi dari ini12 ini bermanfaat.

Lik Sod Seorang blogger pemula. Suka berbagi hal-hal yang diketahui dan dianggap perlu. Motto hidupnya dalah: sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat. Blog ini adalah upaya memberi manfaat kepada orang lain melalui blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *